CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 18-12-2020 16:15:16

Ekskresi nanah dari penis merupakan gejala penyakit seperti infeksi seksual (PMS) dan infeksi saluran kemih. Kondisi ini biasanya disertai dengan ketidakpuasan lainnya: nyeri pada penis dan sensasi terbakar saat buang air kecil. Keluarnya nanah dari penis merupakan suatu kondisi yang memerlukan penanganan segera oleh dokter.

Penis merupakan organ seksual pria yang merupakan bagian dari alat kelamin dan sistem saluran kemih. Melalui penis, tubuh pria melepaskan racun dan kelebihan cairan melalui urin, seperti halnya sperma dan air mani, yang berperan dalam proses kesuburan. Sudah sepantasnya fungsi ini menjaga kesehatan dan kebersihan penis.

Nanah dari penis, waspadalah terhadap beberapa allodoctor penyakit ini

Penis yang normal tidak mengeluarkan nanah. Jika Anda mengeluarkan nanah, atau jika Anda mengeluarkan cairan berwarna putih tua, kuning, kehijauan, atau kemerahan seperti darah dari penis Anda, kondisi ini menandakan adanya masalah kesehatan atau penyakit yang mempengaruhi alat kelamin pria.

Penyebab penis bernanah

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan penis terkuras:

1. Gonorea atau Gonorea

Gonorea adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseriagonorrhoeae.

Beberapa pria dengan adenitis tidak menunjukkan ketidakpuasan atau gejala. Namun, orang lain mungkin menunjukkan gejala berupa penis berisi nanah, yang terasa nyeri dan terbakar saat buang air kecil. Meski jarang, gonaditis pria juga bisa ditandai dengan testis yang membengkak.

Gonaditis yang sering kambuh dan tidak diobati dapat menyebabkan kemandulan baik pada pria maupun wanita. Pria dengan adenitis juga berisiko tinggi menularkan penyakit ke pasangan seksualnya.

Injeksi oral ceftriaxone atau antibiotik azitromisin. Obat-obatan ini tersedia seperti yang diresepkan oleh dokter Anda.

2. Urinitis non-kanker (NGU)

Traktitis saluran kemih non-gonococcus adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih. NGU sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri seperti infeksi seksual.

Pada pria, saluran kemih dapat menyebabkan penis mengeluarkan nanah, bersama dengan gejala lain yang mirip dengan adenitis. Gejalanya mirip dan kondisi ini juga membutuhkan perhatian medis. Untuk mengetahui apakah keluarnya nanah dari penis disebabkan oleh kebocoran gonad atau NGU, dokter bisa melakukan tes urine dan nanah yang keluar dari penis.

Jika Anda terbukti mengidap NGU, dokter Anda dapat menawarkan pengobatan dengan antibiotik. Pilihan antibiotik yang biasa digunakan untuk mengobati NGU termasuk doxicycline, azithromycin, metronidazole, dan moxyfloxacin.

3. Baranitis

Balanitis adalah infeksi atau peradangan pada kepala dan kulit anterior penis. Penyebabnya bisa berupa infeksi bakteri atau jamur terhadap alergi di sekitar kepala penis atau radang kulit. Penyakit ini bisa disebabkan oleh kebersihan penis yang buruk. Baranitis juga meningkatkan risiko untuk pria bertepuk sebelah tangan.

Selain penis, gejala lain dari Valantis adalah kulit penis yang kering disertai rasa gatal, nyeri dan pembengkakan pada kulit di sekitar pangkal penis. Untuk mengobati balanitis, dokter biasanya meresepkan salep berupa krim antigatal, zat antijamur, dan antibiotik.

4. Klamidia

Chlamydia adalah infeksi seksual yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Chlamydia trachomatis. Gejala klamidia termasuk nyeri saat buang air kecil, gatal di sekitar pembukaan penis, dan sekresi bernanah atau kehijauan yang menyakitkan di salah satu atau kedua testis.

Seperti infeksi seksual lainnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri, penyakit ini perlu diobati dengan antibiotik.

5. Kanker penis

Kanker penis adalah jenis kanker langka yang terjadi di kulit dan area penis. Gejalanya adalah:

  • Penis keluar dengan nanah atau cairan berbau busuk.
  • Benjolan muncul di penis.
  • Nyeri penis yang tidak kunjung sembuh dalam 4 minggu.
  • Ruam atau kemerahan pada penis.
  • Pendarahan dari bawah penis atau kulit anterior.
  • Penebalan kulit penis atau kulit anterior, sehingga sulit berkontraksi (Phymosis).
  • Perubahan warna pada kulit atau kulit anterior penis.
  • Pengobatan kanker penis tergantung pada area yang terkena dan sejauh mana penyebaran kanker. Pengobatan kanker penis dapat dicoba dengan kemoterapi, terapi radiasi, dan pembedahan.

Pencegahan Pus Pus

Tindakan pencegahan berikut harus diterapkan untuk menghindari penyakit yang dapat menyebabkan penis mengeluarkan nanah.

  • Tidak ada banyak pasangan seksual.
  • Gunakan kondom saat berhubungan seks.
  • Tidak ada banyak pasangan seksual.
  • Gunakan kondom saat berhubungan seks.
  • Keluarnya nanah tidak boleh dianggap remeh. Jika Anda mengalami keluhan ini, segera cari pertolongan medis.

Keluarnya nanah tidak boleh dianggap remeh. Jika Anda mengalami keluhan ini, segera cari pertolongan medis.